RSS
email

Membersihkan Komputer Sendiri


Sering banget kita temui, bahkan kita alami sendiri! dimana, Komputer yang kita miliki jarang sekali kita memperhatikan kondisinya, bahkan kita sering tidak terpikir akan membersihkan sendiri komputer yang sudah dipenuhi oleh debu .
Semakin lama komputer yang kita pakai, maka akan semakin banyak debu yang akan menempel pada komputer, baik pada casing, hardisk, maupun pada motherboad dan prosesor . Taukah Anda? tebalnya debu dapat menghambat kinerja kerja komputer itu sendiri, karena debu dapat menghambat aliran listrik yang mengalir pada sirkuit - sirkuit motherboard, sehingga iformasi atau perintah yang dikirim ke Prosesor akan menjadi lambat, selain itu debu juga dapat merusak sirkuit, sehingga dapat menimbulkan karatan pada sirkuit motherboard, untuk itu kita harus membersihkan komputer dari debu secara berkala, minimal 1 minggu sekali, Tapi anda tidak perlu kawatir karena disini saya akan menerangkan cara merawat komputer secara mudah .

Alat - alat yang harus dipersiapkan adalah.....


Yaitu Antara Lain :
1. Kuas ukuran kecil dan besar
2. Obeng Plus & Minus
3. Kipas Angin
4. Vacum Cleaner ( Penyedot Debu ) ini bagi yang memiliki saja
5. Masker ( Penutup Mulut )

Cara Kerja......

- Pertama - tama pakailah masker agar terhindar dari debu, selama membersihkan komputer
- Cabut Semua kabel yang mencap seperti kabel VGA, usb, kabel listrik dll. lalu bawa CPU keluar rumah
- Setelah itu buka casing komputer menggunakan obeng ( gunakan obeng yang sesuai dengan mata baut yang terdapat pada casing )
- Setelah casing dibuka, anda bersihkan debu yang melekat pada casing terlebih dahulu menggunakan kuas ( ukuran besar ) atau menggunakan Vacum cleaner jika ada .
- Setelah Casing bersih, waktunya membersihkan Motherboard, Memory, Hardisk, VGA Tambahan ( jika ada ) dengan menggunakan kuas ( ukuran kecil )
bersihkan semua debu yang melekat pada sirkuit motherboard hingga bersih, jika memiliki Vacum Cleaner, anda bisa sambil menggunakannya untuk menyedot debu agar tidak berterbangan, dan jika tidak ada bersihkan saja dulu.....
setelah itu nyalakan kipas angin dan arahkan ke dalam casing, agar debu yang dikuas tadi bisa menjadi lebih bersih.... Tapi INGAT!!! selama membersihkan motherboard, anda tidak perlu membuka Kipas Prosesor ( kecuali sudah berpengalaman ) untuk kipas prosesor cukup dibersihkan di luarnya saja.....
- Setelah itu kalian bersihkan bagian yang lainnya, seperti Powersuplly, dll.
Jika semuanya sudah bersih, anda pasang kembali semua yang dibuka tadi seperti semula
dan Pasang kembali pada tempatnya

Bagaimana? Mudah Bukan..... 
bagi yang baru pertama mungkin terasa sulit, tapi seiring berjalannya waktu anda pasti akan terbiasa.....

Selamat Mecoba!



Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kirim Komentar Anda!

 

Banner Pribadi-ku

Bener
surat
Photobucket

Download Video di Youtube

Download youtube Video

SHOUTMIX

Tukeran Link Yuk!

create your own banner at mybannermaker.com!
Silahkan Copy Code Berikut dan Paste Pada Blog Anda!

Mozilla Firfox

Mozilla Firfox
Untuk tampilan yang lebih baik gunakan Mozilla Firfox
Belum Punya? Download Disini